Thursday, December 10, 2009

Negaraku Ind-Aneh-Sia!

Saya bangga menjadi orang Indonesia! Selain pulaunya yang banyak, negara yang satu ini punya banyak keanehan. Gw bangga jadi orang indo ga berarti gw ikutan aneh ya! (atau malah gw lebih parah dari aneh?) Setelah sekian lama absen dari dunia per-blog-an, gw memutuskan buat balik nulis lagi dan kali ini gw bakal mendeskripsikan sejumlah keanehan dari negara kelahiran gw ini.
1. Gerakan-sekali-sukses-diikutin
Yang dimaksud disini adalah gerakan orang-orang yang suka ikut-ikutan biar kecipratan sukses orang lain. Contohnya, pas toko roti BreadTalk laku keras, kita bisa liat beberapa bulan kemudian toko-toko roti yang punya nama dan menu yang mirip (bahkan sama) seperti BreadSleep, BreadEat, BreadBath, sampai BreadSing!
2. Yogurtisme
Entah kesamber angin apa masyarakat Indonesia jadi doyan makan susu asem yang uda jadi eskrim. Kenapa aneh? Karena tren ini baru terjadi belakangan ini doang. Kalo emang dasarnya uda doyan, pasti dari jaman dijajah Belanda ama Jepang kita uda doyan ama susu asem. Atau jangan-jangan kita doyan yogurt sekarang gara-gara dulu nenek moyang kita dicekokin susu basi (baca: yogurt) ama para penjajah?
3. Blekberi
Dulu nokia item-putih-gede jadi henpon sejuta umat, sekarang: item-gede-mahal lah yang jadi henpon sejuta umat (atau malah uda jadi henpon puluhan juta umat?) Beberapa waktu lalu pas denger nama blekberi kayaknya imej tuh henpon mahal banget dan gak sanggup kebeli, tapi sekarang? tukang gado-gado dan supir angkot pun punya bb pin!
Apa indo uda semakin kaya sehingga barang kayak blekberi uda masuk kelas henpon murah? Jelas gak! malah menurut survey tingkat kemiskinan di indo tetep segitu-gitu aja malah meningkat.
4. Per-film-hantuan Indonesia
Entah apa yang dipikirin para sutradara indo pas mereka bikin film. Apa tiap hari mereka mimpi buruk ato malah kesurupan sebelom syuting? Terakhir kali gw mau beli dvd film indo, semua yg gw liat cuma film-setan-dengan-efek-murahan-yang-ga-serem-sama-sekali! Mulai dari hantu kolong jembatan, kolong ranjang, bahkan samapi kolong mobil! Apa mereka ga mikir kalo mereka terus-terusan bikin film kayak gitu perfilman negara kita ga akan maju. Masyarakat cuma bakal ditakut-takutin ama hantu yang diperanin artis gadungan (atau malah mas-mas dan mbak-mbak dipinggir jalan!) Anehnya, film kayak gitu bisa lulus dan masuk bioskop buat ditayangin bareng film-film hollywood. Ya jelas bakalan kalah saing! Jangan bingung bang kalo film indo sepi peminat!
Sebenernya masih banyak keanehan negara tanah air gw ini tapi daripada jari gw menjerit-jerit mending di-stop dulu aja. Semoga berkenan di hati para pembaca!

2 comments:

will-I-am said...

hahhahahahahha.. sampah2.. wkakakakkaa.. bner2....

Anonymous said...

hahaha menghibur vin saat br bener balik malai. wakaka